Mengenal Festival Ceng Beng, Tradisi Orang China Menghormati Leluhur

Mengenal Festival Ceng Beng, Tradisi Orang China Menghormati Leluhur

Festival ceng beng atau 清明节 (Qing ming jie),juga dikenal dengan hari ziarah adalah hari dimana anggota keluarga berziarah ke makam keluarga/ kerabat.

Festival qing ming jatuh pada tanggal 4 april atau tanggal 5 april . Jadi biasanya pada tanggal 2-5 april di Tiongkok, Hongkong, Macao, dan Taiwan akan ada libur panjang untuk merayakan festival qingming.

Lalu kegiatan apa saja yang dilakukan ketika festival qingming?

 

Mengenal Festival Ceng Beng, Tradisi Orang China Menghormati Leluhur

Festival qingming  di korea dikenal dengan sebutan Hansik. Pada hari Hansik, orang-orang tidak menyalakan api untuk memasak atau menghangatkan makanan.

Sementara di Tiongkok tradisi ceng beng dilakukan dengan melakukan hal-hal seperti :

  1. Ketika festival Qingming tidak diharuskan melakukan kunjungan ziarah pada hari-h, akan tetapi diperbolehkan melakukannya dalam kurun waktu 10 hari sebelum dan sesudah tanggal festival Qingming ditetapkan.
  2. Membersihkan daerah sekitar makam dan harus menjaga tutur kata disekitar makam.
  3. Orang-orang yang berkunjung ke makam biasanya membawa teh/kopi/wine, buah, dupa, bunga, kertas joss, dan berbagai makanan ringan untuk persembahan kepada leluhur.
  4. Memberikan doa dan membakar dupa/kertas joss.
  5. Dianjurkan keluarga untuk menghadiri ziarah bersama anggota keluarga lainnya.
  6. Wanita hamil, anak-anak yang masih kecil , dan anggota keluarga yang sakit tidak diizinkan mengunjungi makam, karena dianggap sebagai sasaran roh lapar yang mungkin berkeliaran disekitar makam.
  7. Pada kunjungan ke makam dianjurkan mengenakan baju putih atau gelap, dan dilarang mengenakan baju berwarna terang (kuning, neon, orange dll).

Mengenal Festival Ceng Beng

Bagi kebanyakan orang Tionghoa, festival Qingming sangatlah penting, terutama bagi para petani. Biasanya pada 10 hari sebelum atau sesudah Qingming, orang-orang melakukan tamasya keluarga, ataupun mulai membajak sawah. Hal populer lain yang dilakukan adalah memainkan layang-layang dengan berbagai bentuk binatang atau karakter dari opera China.

 

Jadi bisa disimpulkan bahwa festival qingming selain dilakukan untuk menghormati para leluhur juga merupakan sarana berkumpul dengan keluarga. Kalau menurut teman-teman bagaimana?

Demikianlah Mengenal festival ceng beng, tradisi orang China menghormati leluhur. Apapbila teman-teman memiliki pengalaman  menarik tentang  festival Qingming silakan menuliskannya dikomentar. Dan apabila ingin membaca artikel lain dari admin MandarinMe silakan check disini. Xiexie!

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.