Apakah Belajar Bahasa Mandarin Susah?

apakah belajar bahasa mandarin susah?

Belajar bahasa mandarin apakah susah? Banyak orang menanyakan pertanyaan seperti ini ketika mulai belajar bahasa mandarin. Jawabannya gampang-gampang susah sih.

Belajar bahasa mandarin tidak seperti bahasa Indonesia yang menggunakan alfabet, dan pelafalannya juga jauh berbeda dengan bahasa Indonesia.  Tetapi bukan berarti mustahil untuk bisa bahasa mandarin ya. Banyak orang Indonesia yang bisa berbahasa mandarin dengan lancar. Asalkan konsisten mempelajarinya pelan-pelan pasti bisa.

Mengapa Belajar Bahasa Mandarin Susah?

Bahasa mandarin termasuk sebagai bahasa tersulit didunia. Dimana terdapat 3 aspek penting yang harus dipelajari yaitu pelafalan, nada dan aksara.

Ketika mulai belajar kamu akan dikenalkan dengan pinyin (汉语拼音) yaitu sistem penulisan yang digunakan secara fonetik yang mentranskripsikan karakter-karakter bahasa mandarin menggunakan alfabet latin. Simpelnya pinyin itu abjad yang dilafalkan dengan pengucapan mandarin. Tanpa pinyin kamu akan kesulitan mempelajari bahasa mandarin.

Nada dalam bahasa mandarin digunakan untuk membedakan makna kata saat berbicara. Karena banyak sekali aksara mandarin (disebut dengan hanzi (汉字) )yang memiliki penyebutan yang sama satu sama lain. Maka nada sangatlah diperlukan untuk membedakan maksud kata ketika orang berbicara.

Apakah Belajar Bahasa Mandarin Susah?

Hanzi (汉字) adalah aksara yang digunakan dalam penulisan bahasa Tionghoa. Terdapat banyak sekali jenis goresan yang ada dalam hanzi tetapi hanya 5 yang merupakan goresan dasarnya.

Langkah belajar bahasa mandarin

Jadi, apabila kamu berencana ingin belajar bahasa mandarin, kamu dapat melakukan langkah-langkah dibawah ini :

  1. Mempelajari terlebih dulu pelafalan, nada dan urutan goresan hanzi.
  2. Menghafalkan kosakata mandarin.
  3. Belajar menyusun kalimat sederhana.
  4. Mempelajari grammar bahasa mandarin.
  5. Mencari orang yang bisa bahasa mandarin dan diajak berbicara menggunakan bahasa mandarin.

 

Belajar karakter hanzi :

  1. Siapkan buku kotak besar khusus untuk menulis hanzi.
  2. Pelajari goresan dasar menulis hanzi.
  3. Belajar menulis hanzi mulai dari hanzi yang dengan goresan 1-10.
  4. Tulislah sampai kamu yakin sudah bisa, dan lanjutkan menulis hanzi dengan goresan yang lebih rumit.
  5. Konsisten menulis dengan hanzi setiap hari.

Belajar bahasa mandarin bisa berhasil jika kamu konsisten dan jangan setengah-setengah. Sama seperti mempelajari bahasa lain harus membiasakan diri menggunakannya untuk percakapan.

Tetapi jika menggunakan cara diatas masih belum bisa, kamu dapat mengikuti kursus di MandarinMe. Disini kamu akan dibimbing oleh pengajar yang sudah berpengalaman dan dengan metode belajar yang mudah dan santai.

 

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 27 Desember 2022

    […] digunakan di Taiwan. Tentunya masih banyak artikel lain dari admin MandarinMe yang menarik seperti apakah belajar bahasa mandarin susah? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *