Mengenal Pinyin, Cara Melafalkannya Dan Nada Dalam Bahasa Mandarin

Mengenal Pinyin, Cara Melafalkannya Dan Nada Dalam Bahasa Mandarin

Dajia hao !

Halo teman-teman, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya, aamiin.

Mungkin didalam hati teman-teman berpikir “mengapa harus belajar bahasa mandarin?” jawabannya tentu karena saat ini bahasa mandarin merupakan bahasa nomor dua setelah bahasa Inggris, dan bahasa yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi diseluruh dunia.  Selain itu perekonomian China yang semakin berkembang  menjadikannya sebagai negara dengan perekonomian terbesar dalam waktu beberapa tahun. Dengan begitu secara otomatis banyak negara yang menjalin hubungan bisnis dengan China, termasuk Indonesia.   

Namun banyak orang ketika memulai belajar bahasa mandarin mengatakan kalau bahasa mandarin itu sulit. Karena tidak hanya harus mempelajari pelafalan, nada, pinyin, bahkan hanzi yang tidak kalah sulitnya. Tetapi jika pola belajar kita terstruktur dari yang paling dasar kemudian pelan-pelan secara konsisten mempelajarinya, insyaallah semua terasa sangat mudah.

Mengenal Pinyin

Untuk mengawali belajar bahasa mandarin teman-teman harus mengetahui terlebih dulu mandarin pinyin. Apa itu mandarin pinyin? Mandarin pinyin atau yang juga disebut dengan hanyu pinyin 汉语拼音( Hànyǔ pinyin) biasa disingkat pinyin saja merupakan system romanisasi untuk bahasa mandarin yang banyak digunakan di Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura.

Bagi kita yang sudah terbiasa dengan ejaan alphabet (a-z) tentu pinyin lebih memudahkan kita mempelajarinya, hanya saja pelafalan pinyin tidak sepenuhnya sama dengan pelafalan alphabet di Indonesia. Berikut adalah tabel pinyin dan cara melafalkannya.

 

Melafalkan Konsonan

Pinyin Cara Baca Hanzi Pinyin Arti
b p Delapan
p ph Rusak
m m Kuda
f f Fēng Angin
d t Besar
t th Menendang
n n Wanita
l l 绿 Hijau
g k Gāo Tinggi
k kh Pahit
h h Minum
j c Ayam
q ch Tujuh
x s Mencuci
zh c Zhǐ Kertas
ch ch Chá Teh
sh sh Shū Buku
r r Panas
z c Zhōng Tengah
c j Cuò Salah
s s Shǒu Tangan

 

Melafalkan Vokal

Pelafalan vocal dalam bahasa mandarin mirip dengan pelafalan vocal dalam bahasa Indonesia yaitu : a,e,o,i,u dan ada satu lagi yaitu “ü”. Cara melafalkan ü peratma-pertama kita lafalkan “i” kemudian ubah posisi mulut seperti melafalkan “u” tetapi suara yang keluar tetap melafalkan “i”. Bisa juga dengan mengatur posisi lidah seperti saat mau bersiul .

a Kuda
o Rusak
e Panas
i 西 Barat
u Jalan
ü Perempuan

 

Melafalkan Nada

Setelah mempelajari pelafalan konsonan dan vocal dalam bahasa mandarin, selanjutnya kita belajar nada. Nada dalam bahasa mandarin itu penting, mengapa? Karena ada banyak sekali karakter mandarin yang pinyinnya sama tapi dengan nada yang berbeda sehingga artinya juga berbeda. Jika kita salah melafalkan nada suatu karakter mandarin, orang lain akan salah mengartikan maksud perkataan kita.

Ada empat nada dalam bahasa mandarin yaitu:

  • Nada 1, adalah nada tinggi dan datar. Melafalkan nada ini harus tetap mempertahankan kedataran nadanya hingga akhir. Contohnya : 哥哥 (Gēgē) ,妈妈 (Māmā)
  • Nada 2, adalah nada yang dimulai dari nada tengah ke nada tinggi. Contohnya: 忙(Máng), 十(Shí)
  • Nada 3, adalah nada melengkung, dari nada tengah kemudian turun ke nada paling rendah, kemudian naik ke nada tinggi. Contohnya : 我 (Wǒ), 点(Diǎn)
  • Nada 4, adalah nada dari nada tinggi dihentakkan kebawah. Seperti saat kita memarahi seseorang. Contohnya : 汉(Hàn), 老(Lǎo)

Selain keempat nada itu, sebenarnya masih ada satu nada lagi yaitu nada netral. Nada ini tidak naik dan tidak turun, dilafalkan hanya singkat saja. Contohnya : 吗 (ma).

Setelah pinyin, cara melafalkan dan nada dalam bahasa mandarin sudah dipelajari. Sekarang waktunya teman-teman  mempraktekkan ya. Cobalah untuk melafalkan kata-kata yang ada dibawah ini.

  • 我很累   (Wǒ hěn lèi )
  • 你是谁? (Nǐ shì shéi? )
  • 他不明白   (Tā bù míngbái)

Demikianlah artikel saya tentang mengenal pinyin, cara melafalkan dan nada dalam bahasa mandarin. Semoga bermanfaat untuk teman-teman. Tentunya masih banyak artikel menarik lainnya seperti kata tanya dalam bahasa mandarin. Jangan lupa untuk mempraktekkan bahasa mandarin agar terbiasa ya. Jiayou!!

Xiexie, zaijian !!

Mungkin Anda juga menyukai

5 Respon

  1. 10 Desember 2021

    […] sekarang kalian sedang mempelajari bahasa mandarin,  penting bagi kalian mempelajari pinyin, hanzi dan juga tata bahasanya. Jadi tidak hanya di bahasa Inggris saja yang ada tata bahasanya / […]

  2. 17 Desember 2021

    […] Demikianlah penyebutan angka dalam bahasa mandarin, silakan untuk terus dipelajari, dihafalkan dan dipraktekkan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman. jangan lupa untuk membaca juga tulisan admin mandarin tentang pinyin dan nada dalam bahasa mandarin. […]

  3. 31 Desember 2021

    […] saja dasar-dasar dalam bahasa mandarin? Yang pertama adalah pinyin. Yaitu sistem romanisasi untuk bahasa mandarin yang banyak digunakan di Tiongkok, Taiwan, Malaysia, […]

  4. 10 Februari 2022

    […] positif negatif. Tentunya masih banyak artikel lain dari admin MandarinMe yang meanrik diantaranya mengenal pinyin semoga artikel ini beramnafaat bagi kita semua, […]

  5. 28 Februari 2022

    […] dalam bahasa mandarin. jangan lupa untuk membaca artikel admin MandarinMe yang lain diantaranya pinyin. Semoga bermanfaat bagi teman-teman. xiexie […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.