Perbedaan Hanzi, Zhuyin Dan Pinyin

 

Ketika mulai mempelajari bahasa mandarin, kita dihadapkan dengan karakter tulisan yang rumit dengan pelafalan yang sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Adapun karakter-karakter tersebut diucapkan hampir sama satu sama lain, sehingga membuat kita semakin bingung. Karakter tersebut disebut dengan hanzi.

Sementara itu masih ada Zhuyin yang mirip seperti hanzi tetapi lebih sederhana. Sedangkan pinyin yang sebenarnya adalah huruf alfabet tetapi dengan palafalan yang sedikit berbeda dengan pengucapan kita.

Perbedaan Hanzi, Zhuyin Dan Pinyin

Hanzi

Hanzi memiliki lebih dari 10.000 karakter dimana masing-masing karakter memiliki arti yang berbeda.  Tetapi sebenarnya yang sering digunakan hanya sekira 6000 karakter saja.

Hanzi terdiri dari hanzi tradisional dan hanzi sederhana. Hanzi tradisional atau 繁体字 (fántǐ zì) digunakan oleh masyarakat Taiwan, Hongkong, Macao dan kebanyakan komunitas Tionghoa di luar negeri seperti di Asia Tenggara. Dan Hanzi sederhana yang disebut 简体字(jiǎntǐzì). Hanzi sederhana diciptakan dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis masyarakat Tionghoa yang dulu masih banyak yang buta huruf. Namun dalam perkembangannya justru menimbulkan banyak kerancuan dengan hanzi tradisional dan menghilangkan keindahan artistik hurufnya.

Hanzi dengan goresan paling banyak dan tersulit yang pernah ada yaitu hanzi yang berbunyi “biang” nada ke-2. Biang ini adalah nama mie yang populer di kota Xianyang propinsi Shaanxi (China). Saking rumitnya karakter hanzi ini sampai-sampai tidak dapat ditemukan di dalam komputer manapun, bahkan di Kangxi Dictionary juga tidak ditemukan huruf tersebut.

perbedaan hanzi, zhuyin, dan pinyin

huruf “biang”

 

perbedaan hanzi, zhuyin, dan pinyin

huruf hanzi

 

Zhuyin

Aksara zhuyin atau nama resminya 注音符号 (zhùyīn fúhào) secara harfiah diartikan sebagai simbol untuk mencatat bunyi. Zhuyin digunakan di Taiwan khususnya diajarkan kepada anak-anak kecil berbahasa mandarin yang belum berpendidikan.

Zhuyin memiliki 37 simbol khusus untuk melambangkan bunyi-bunyi dalam mandarin, yang terdiri dari 21 huruf mati dan 16 huruf hidup.

Zhuyin seringkali disebut bo-po-mo-fo, ini berasal dari empat suku kata pertama sistem fonetis ini.

zhuyin

Pinyin

Pinyin (拼音) sistem transkripsi (notais fonetik dan transliterasi kekarakter latin) untuk bahasa mandarin. pada tahun 1958 pemerintah Republik Rakyat China setuju untuk menggunakan pinyin dan telah mengalami banyak revisi.

Tujuan dari penciptaan pinyin adalah untuk memudahkan orang Tionghoa mempelajari bahasa mandarin. selain itu, dengan munculnya komputer, dan smartphone, pinyin ini sangat membantu mewakili karaketr China. Pinyin ini juga sangat membantu orang asing mempelajari bahasa mandarin.

Pinyin terdiri dari konsonan (声母) berjumlah 23, vokal (韵母) dengan jumlah 6 yaitu a,i,u,e,o dan ü, dan juga nada (声调) yang terdiri dari 4 nada dan satu nada netral.

pinyin

Jika dilihat dari bentuk karakternya, hanzi, zhuyin dan pinyin sangatlah berbeda. Zhuyin dan pinyin lebih banyak digunakan untuk membantu orang China maupun orang asing mempelajari bahasa mandarin dkarenakan akan teras sangat rumit jika langsung menggunakan hanzi. Tetapi hanzi sampai saat ini tetap digunakan sebagai bagian dari budaya Tionghoa.

Apabila kalian baru mulai belajar bahasa mandarin, sebaiknya belajar menggunakan pinyin terlebih dahulu, agar lebih mudah melafalkan bahasa mandarin. Tetapi jika kalian tinggal di Taiwan maka sebaiknya belajar zhuyin, karena orang Taiwan menggunakan zhuyin dan tidak menggunakan pinyin. Begitu juga keyboard laptop ataupun Hp juga menggunakan zhuyin. Dengan pelan-pelan mempelajari hanzi.

Itulah perbedaan hanzi, zhuyin dan pinyin. Tentunya masih banyak artikel lain dari admin MandarinMe yang menarik seperti belajar pinyin.

Namun jika kalian ingin belajar dengan terstruktur dan ada yang membimbing sampai bisa silakan kursus ketempat kami MandarinMe.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *